• Pages

      PRINSIP KERJA LINE FOLLOWER

      Prinsip Kerja Line Follower Analog

      Line Follower Analog merupakan susunan dari beberapa rangkaian pembentuk sistem kerja Line Folower Analog itu sendiri. Sistem Kerja tersebut dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sensor garis, komparator, dan pengendali (driver) motor DC.
      A. Prinsip Kerja Sensor
      Sensor yang digunakan terdiri dari photo dioda. Sensor ini nilai resistansinya akan berkurang bila terkena cahaya dan bekerja pada kondisi riverse bias. Untuk sensor cahayanya digunakan LED Superbright, komponen ini mempunyai cahaya yang sangat terang, sehingga cukup untuk mensuplai cahaya ke photo dioda.

      Jika photo dioda tidak terkena cahaya, maka nilai resistansinya akan besar atau dapat diasumsikan menjadi tak hingga. Sehingga arus yang mengalir pada komparator sangat kecil atau dapat diasumsikan berlogika 0.
      Jika photo dioda terkena cahaya, maka photo dioda akan bersifat sebagai sumber tegangan dan nilai resistansinya akan menjadi kecil, sehingga akan ada arus yang mengalir ke komparator atau berlogika 1.

      B. Prinsip Kerja Komparator
      Komparator dalam rangkaian Line Folower adalah rangkaian pembanding antara input yang masuk dari rangkaian sensor dengan input dari rangkaian pembagi tegangan yang menggunakan Variable Resistor. Prinsip Kerja Komparator dapat dibaca pada artikel Komparator.

      C. Prinsip Kerja Pengendali Motor
      Pengendali motor ini digunakan untuk mengaktifkan motor DC yang digunakan. Sehingga output yang berasal dari komparator kemudian akan mengaktifkan rangkaian driver motor. Driver motor ini dapat membuat motor berputar ke arah kanan dan ke arah kiri atau ke arah depan dan ke arah belakang sesuai input yang betasal dari komparator. Untuk lebih jelasnya mengenai prinsip kerja driver motor ini dapat dibaca pada artikel Driver Motor DC.



      Jadi, skema rangkaian Line Follower Analog secara keseluruhan dapat dilihat seperti pada gambar berikut

      2 komentar:

      Renungan, apakah line tracer analog itu benar penyebutannya. Sedangkan menggunakan komparator, bukannya komparator itu digital :v

      ini dapat sumber nya dari mana om kalau boleh tau ?

      Posting Komentar

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news